Saturday, March 9, 2013

IFW: Malolo, A Journey to Mandar


Sejak dulu saya selalu ingin melihat show dari desainer yang telah empat belas tahun berkarya dalam industri fashion tanah air, yaitu Ivan Gunawan. Sungguh suatu kesempatan yang sangat baik pada IFW'13 saya dapat menyaksikannya dimana kali ini ia mengusung tema Malolo yang bermakna sesuatu yang cantik dalam bahasa Mandar, hasil perjalanannya ke Polewali, Sulawesi Barat. Ivan Gunawan mengangkat kain tenun sutera khas Mandar dengan warna-warna ceria dan motif geometris menjadi gaun-gaun elok yang feminin dan chic bahkan mampu mengolah kreativitasnya dalam beberapa busana pria. Ivan telah berhasil mengemas kain tenun dengan motif cetak yang ia desain sendiri untuk mendapatkan kesan anggun dan elegan yang kini telah menjadi maha karya yang apik.

Peragaan kali ini dibagi dalam tiga sequence. Bagian pertama sarat akan warna-warna yang playful dalam desain khas kaum urban yang memadukan kain tenun sutera dengan brokat dan bordir yang mewah tanpa meninggalkan ciri kain tenun yang digunakan, ditambahlagi menggunakan aksesori yang terbuat dari rotan suatu aksen tradisional yang elok.

Bagian kedua Ivan mengeksplorasi gaya motif cetak seperti bunga tulip dan anggrek dalam motif kotak khas tenun Mandar yang masih dibuat dengan tangan mampu menghasilkan sesuatu yang elegan. Kali ini didominasi oleh warna-warna seperti shocking pink dan fuschia dalam potongan gaun maupun jas bahkan sampai ke detil sepatu.

Bagian terakhir Ivan menutup peragaannya dengan sangat cantik menyuguhkan keindahan alam Mandar dalam motif cetak bunga-bunga gigantik menjelma menjadi gaun-gaun malam yang memesona  dengan menghadirkan gaya vintage dalam rassa masa kini.

Satu yang khas dari setiap show Ivan Gunawan adalah ia selalu menghadirkan selebritis (sebut saja: Atiqah Hasiholan, Oky Lukman dan Tike Priyatna) diatas runway bahwa setiap orang yang tidak memiliki tubuh sempurna seperti model juga dapat tampil mengesankan dalam balutan busananya.

Terima kasih Ivan Gunawan telah menyuguhkan sesuatu peragaan busana yang indah.















Indonesia Fashion Weel 2013
14-17 February 2013
Jakarta Convention Center
(dok. Marsela Christie)


2 comments:

  1. Kuereeennn!!

    Ini rancangan ivan gunawan semua, kak lucca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini rancangan Ivan Gunawan semua.

      Delete